UA-109304036-1

Kerang Ajaib Pascal

Kerang Ajaib

Anda tahu apa itu kerang ajaib? Kerang ajaib adalah kerang yang muncul pada kartun Spongebob, dan ketika kita bertanya kepada kerang tersebut, maka kerang tersebut akan menjawab iya atau tidak. Sekarang akan dijelaskan cara membuat kerang ajaib dengan menggunakan pascal :)

Penjelasan Program



Inti dari gambar diatas yaitu, pada awalnya fungsi crt diaktifkan, lalu pendeklarasian variabel bedasarkan tipe data masing-masing. Lalu pernyataan yang ada di dalam repeat akan dijalankan hingga variabel "menu" berisi angka 2. Apabila variabel berisi <1 atau >2, maka akan keluar tampilan "Masukkan Angka 1 sampai 2 Saja!". Lalu ketika user menginputkan angka 1, maka akan dimasukkan pertanyaan, dan akan disimpan dalam variabel bertipe String yang bernama "Pertanyaan".

Setelah diinputkan, semua akan dijadikan huruf kecil dengan fungsi "lowercase", lalu "posisi:=pos('apakah',pertanyaan)<>0" akan mengecek apakah ada kata "apakah" dalam inputan. Apabila ada, maka akan dirandom angka 1 sampai 2. Ketika angka yang dihasilkan adalah 1, maka hasilnya adalah "tidak". Sedangkan bila berisi 2, maka jawabannya adalah "iya". Namun apabila pertanyaan tidak mengandung kata "apakah", maka program akan kembali ke menu dan pertanyaan tidak akan dijawab.

Program akan keluar ketika user memasukkan angka 2 pada menu, lalu ucapan terimakasih akan disampaikan kepada anda. :D

Contoh Program






9 comments: